Mencari Jati diri


Mencari jati diri merupakan suatu perjalanan hidup, dimana kita harus lebih mengenal diri kita sendiri. Setiap orang pasti ingin mengenal siapa diri mereka dan apa tujuan hidup mereka. Oleh karena itu, saya ingin sedikit berbagi kepada pembaca semua tentang apa itu "Jati diri".

Menurut saya Jati diri adalah suatu pencapaian hidup pengenalan diri akan tujuan hidup. Maksudnya kita sudah berhasil mengenal siapa diri kita dan apa tujuan hidup kita. Tujuan hidup bisa berupa cita-cita yang ingin dicapai dan harapan yang ingin raih. Butuh proses yang bertahap untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, tidak hanya dengan usaha yang keras, tetapi harus diikuti dengan do'a. Karena tidak ada keberhasilan yang sukses tanpa usaha yang keras dan kehendak Allah SWT. Bicara soal diri kita, Allah telah memberikan ke setiap umatnya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki belum tentu kita bisa manfaatkan dengan sebaik-sebaiknya. Untuk itu kenali siapa diri Anda dan apa kemampuan Anda. Setelah itu Anda akan menemukan Jati diri Anda yang sebenarnya, karena orang yang berhasillah yang dapat mengenali diri dan tahu apa kelebihan yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Secara singkat dapat saya utarakan bahwa hal - hal yang harus dapat kita kenali dari diri kita adalah sebagai berikut :

1. Sifat - sifat dan karakter
Setiap orang pasti membawa sifat-sifat dan karakternya sendiri-sendiri, setiap orang walaupun bisa saja ada kemiripan tapi tidak pernah ada yang sama persis dalam hal ini.

2. Hasrat dan keinginan
Setiap orang pasti memiliki hasrat dan keinginannya masing-masing, yang biasanya adalah merupakan refleksi dari sebuah bentuk ideal / cita-cita yang awalnya bersumber dari ego.

3. Kemampuan
Penguasaan terhadap suatu hal yang merupakan ciri khas seseorang yang dimiliki dan didapat secara dan dalam kealamiahannya masing - masing, haruslah terus digali dan dikembangkan serta dipergunakan secara positif demi kepentingan kebaikan yang semakin luas semakin baik.

4. Ketidakmampuan & keterbatasan
Diluar kemampuan yang ada, maka adalah hal yang alami pula bahwa setiap insan didunia ini selalu diliputi juga oleh ketidakmampuan dan keterbatasan.

5. Latar belakang
Latar belakang bisa dianggap sebagai akar dari semua perkembangan yang timbul dan ada sekarang ini bagi siapapun juga. Walau kita pada akhirnya memang tidak perlu mempermasalahkan tapi bisa memahami latar belakang dari diri kita sedikit banyak dapat berguna untuk mengetahui siapa dan bagaimana diri kita yang sesungguhnya.

Pesan dari Saya "Kenali diri Anda sendiri dan temukan jati diri Anda"

0 komentar:

BLOG BICHAN

Blog Bichan Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML di atas ke blog anda kemudian silahkan mengisi buku tamu

About Me

Foto saya
Saya hanya manusia biasa yang ingin menjadi seseorang yang luar biasa....

FLAG COUNTER

free counters

Followers

Teman Facebook